Rabu, 12 Agustus 2015

Beberapa Hal Penting Tentang Asuransi Mobil All Risk Yang Perlu Kita Ketahui



Image Souce www.autofreaks.com


Seiringnya dengan perkembangan zaman dan semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk memberikan jaminan keamanan untuk kendaraan yang mereka miliki membuat semakin meningkatnya permintaan masyarakat untuk mengasuransikan kendaraan mereka. Karena, ada umumnya, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan tersendiri dalam program yang miliki, baik itu untuk rate premi yang akan ditawarkan per tahun maupun dengan fasilitas perlindungan yang diberikan.

Dalam asuransi mobil atau kendaraan di negara kita umumnya ada 2 asuransi kendaraan bermotor yang ditawarkan, yaitu Asuransi all risk yang sekarang juga disebut dengan Asuransi Komprehensif dan Asuransi TLO (Totally Lost Only). Kedua program ini pastinya berbeda baik untuk perlindungan yang ditawarkan maupun dengan premi yang yang ditawarkan per tahun.  Untuk perlindungan, tentu saja asuransi all risk atau asuransi konprehensif jauh memiliki perlindungan yang jelas lebih luas, sedangkan untuk asuransi TLO memiliki perlindungan terbatas dengan premi yang jauh lebih rendah.

Asuransi  Mobil All Risk


Untuk asuransi mobil all risk, umumnya pihak asuransi asuransi akan memberikan perlindungan penuh baik itu jika kendaraan terkena lecet, baret, spion pecaah, mobil penyok, dan hal-hal sebagainya, dan bahkan ada beberapa pihak asuransi yang memberikan bantuan biaya tanggung jawab hukum bila terjadi perkara di pengadilan jika kendaraan anda terjadi tabrakan di jalan raya. Selain itu, umumnya pada asuransi konprehensif juga akan memberikan uang tanggungan jika kendaraan anda mengalami huru - hara, banjir, gempa bumi, tanah longsor dan sebagainya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di polis asuransi yang dikeluarkan perusahaan asuransi mobil tersebut.

Sedangkan untuk asuransi TLO ataupun Totally Lost Only adalah penggantian ganti rugi yang akan diberikan perusahaan asuransi jika kendaraan nasabah mengalami kerusakan Total atau diatas 75 % dengan ganti rugi yang telah disepakati kedua belah pihak yang tercantum dalam polis nasabah.

Pada umumnya, untuk asuransi TLO lebih banyak diminati oleh pemilik mobil truk atau meobil yang berumur tua, namun tidak menutup kemungkinan jika pemilik mobil baru pun banyak yang menyukai asuransi jenis TLO ini, namun jika anda memiliki mobil baru yang dibeli tunai atau dengan kredit dari leasing, tentuntu sebaiknya memilih asuransi jenis konprehensif.

Untuk biaya premi dari asuransi komprehensif atau pun asuransi TLO umumnya dibayar setiap tahunnya, namun pada setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Selain itu pula untuk penentuan premi sangat tergantung dari umur mobil anda yang dilihat dari tahun pembuatannya, lokasi pada tempat tinggal anda, dan harga mobil yang anda miliki saat ini. 

Selain itu pada umumnya untuk setiap asuransi mobil tidak ada penggantian uang premi jika tidak ada klaim dalam setahun terakhir, namun setiap perusahaan umumnya memiliki aturan yang berbeda-beda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar